Mencegah dan Mengatasi Kepikunan

Kepikunan bisa dicegah dan diatasi dengan berbagai cara, termasuk cara medis maupun cara-cara yang berhubungan dengan kebiasaan kita. Yang paling penting untuk dilakukan dan dicamkan ialah mengatasi kemunduran daya ingat atau memperlambat kepikunan dengan tetap membiarkan otak kita bekerja sesuai fungsinya. Ada beberapa tips sederhana tetapi penting untuk dilakukan, yakni sebagai berikut :
Continue reading “Mencegah dan Mengatasi Kepikunan”

Manfaat Akuarium untuk Kesehatan dan Penghasilan

akuariumAkuarium merupakan salah satu identitas kehidupan yang mewakili habitat asli ikan. Selain sebagai wadah untuk hidup dan berkembang biak ikan, akuarium sering difungsikan sebagai penghias ruangan dan penyaluran hobi. Secara fisik, kolam kaca ini hanya bersifat sebagai sebuah tempat atau wadah. Namun, lebih dari itu, ternyata akuarium memiliki filosofi dan manfaat yang penting bagi kehidupan kita.

Coba kita perhatikan kehidupan dalam akuarium. Ikan-ikan yang berwarna-warni, serta sejumlah aksesoris akuarium terlihat cantik, begitu sedap dipandang mata. Seperti kehidupan kita, ikan pun membutuhkan keberagaman agar kehidupannya tidak monoton. Saling mengibaskan ekornya yang indah, mengepakkan siripnya, berkumpul menyantap makanan, bertengkar dan berkembang biak dalam dunianya. Warna-warni ikan mencerminkan perbedaan yang membuat kehidupannya dipenuhi keindahan.  Perbedaan yang merupakan bentuk kesempurnaan karya Sang Maha Pencipta, memberi harmoni pada setiap kekurangan dan keterbatasan makhluk-Nya. Dengan menelaah dan memahami filosofi kehidupan ikan dalam akuarium, mampukah kita menginterpretasi dan mengapresiasi kehidupan makhluk lain? Tentu saja kita mampu karena kehidupan makhluk lain seperti ikan dapat memberikan manfaat yang tidak selalu berbentuk kebendaan. Lalu, apa saja manfaat akuarium untuk kita? Continue reading “Manfaat Akuarium untuk Kesehatan dan Penghasilan”

Memaksimalkan Kerja Otak

otakKecerdasan otak merupakan harapan, keinginan dan kebutuhan semua orang. Otak yang cerdas pada dasarnya sangat ditunjang oleh kemampuan seseorang dalam memaksimalkan kerja otak itu sendiri, sehingga otak mampu menyerap berbagai informasi yang diterima untuk disimpan di memori otak. Dengan memaksimalkan kerja otak, berarti kita memaksimalkan kapasitas otak kita. Kapasitas dan kinerja otak kita sebenarnya lebih dahsyat dari tata surya. Berdasarkan penelitian, seumur hidup manusia hanya sekitar 20% kapasitas otak yang digunakan, 80% lainnya belum diketahui. Ini menguatkan indikasi keterkaitan antara kepikunan dengan optimalisasi otak kita.  Melihat kemampuan dan kapasitas otak yang luar biasa, wajar saja kalau ada pernyataan bahwa tidak ada manusia yang bodoh. Kebodohan merupakan hal yang terimplikasi oleh kemalasan. Artinya, orang yang merasa tidak cerdas, sebenarnya bukan bodoh, melainkan kurang memaksimalkan kinerja dan kemampuan otaknya.

Continue reading “Memaksimalkan Kerja Otak”

Kerja Keras adalah Energi Kita

Kerja keras adalah energi kita. Kalimat ini tak sekedar slogan atau iklan Pertamina, tetapi memiliki makna dan nilai luhur  dalam proses panjang kehidupan pribadi manusia. Kalimat ini mampu memotivasi diri untuk tidak cepat menyerah pada kekalahan, dan mampu untuk bangkit kembali untuk memperbaiki diri ketika mengalami kegagalan. Kerja keras adalah energi yang bisa memotivasi kita untuk berjuang, bertahan dan memelihara sebuah harapan akan keberhasilan. Menjadi sebuah proses untuk mengolah energi itu sendiri hingga bernilai guna bagi kehidupan. Menjadi spirit yang memotivasi kinerja dalam kerangka pengembangan kebermaknaan diri.

Continue reading “Kerja Keras adalah Energi Kita”