Cara Membangkitkan Semangat

Semangat adalah suluh dalam perjalanan hidup manusia. Ketika menghadapi masalah terberat, stress atau depresi, sebagian dari diri kita akan terasa hampa. Bagian itulah yang mengendalikan semangat, yang harus dipulihkan terlebih dulu. Kita bisa saja kehilangan impian, kehilangan kesempatan atau peluang. Namun, kita tidak boleh kehilangan semangat yang akan membuat kita tetap melanjutkan hidup.
Percaya atau tidak, semangat mampu menghidupkan karakter seseorang. Hidup matinya semangat dalam diri kita akan menunjukkan siapa diri kita dan sejauh mana kekuatan diri. Karena itu, seberat apapun masalah yang dihadapi, jangan sampai melumpuhkan semangat .
Ada beberapa cara sederhana untuk tetap mengobarkan semangat di saat kita merasa tertekan.Pertama, jadilah supporter untuk diri sendiri. Menyemangati diri sendiri lebih berarti daripada mengharapkan dukungan orang lain. Layaknya seorang supporter sepakbola, kita pun pantas meneriakkan “aku hebat!”, merasa bangga dengan apa yang sudah dicoba, dan menumbuhkan keinginan untuk menang. Paling tidak menang melawan keterpurukan, stress dan depresi.
Kedua, teriakkan yel-yel semangat ke dalam diri, tunjukkan kasih sayang kepada diri sendiri saat melakukan kesalahan dengan tidak menghakimi dan memvonis diri pecundang atau pembawa masalah, dan berikan pujian kepada diri sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu.
Ketiga, berpikir kebalikan. Artinya, mencari sisi positif dari permasalahan atau rasa suntuk yang dihadap, dengan meyakinkan diri bahwa masalah yang dihadapi merupakan ujian bagi kesiapan mental dan kekuatan karakter diri. Hellen Keller menyatakan bahwa karakter tak bisa dibangun dalam suasana tenang dan mudah. Hanya melalui pengalaman hidup penuh cobaan dan penderitaanlah jiwa seseorang menjadi kuat, memiliki cara pandang yang lebih jelas, memiliki keinginan yang lebih berkobar, serta bisa meraih kesuksesan. Intinya, diri kitalah yang bisa mengukur dan memahami tingkat suntuk, jenuh dan stress kita, serta hanya kita yang bisa menentukan cara terbaik untuk memulihkannya.
Keempat, sering-seringlah berwudlu, baca Al-Quran dan shalat khusyuk memohon kelapangan, kemudahan dan kelancaran. Cara ini jangan diragukan lagi keampuhannya karena hanya Allah SWT-lah tempat curhat terbaik yang bisa memberikan rasa aman dan tenang sebenarnya. Dalam surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 Allah berfirman. Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.Dua kali kalimat tersebut diulang supaya manusia tetap bersemangat dan memiliki keyakinan bahwa setiap permasalahan dengan melibatkan Allah di dalamnya pasti akan ada jalan keluarnya. So, be on fire!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *