Cara Membuat Sesuatu Menjadi Mungkin

Share:

Everything is Possible if we want, begitu ungkapan orang-orang yang optimis sebagai kunci pembuka peluang.

Semuanya menjadi mungkin bila seseorang punya kemauan, kemampuan dan keyakinan. Ketidakmungkinan biasanya merupakan refleksi keraguan atas kemauan dan kemampuan diri, ketakutan akan kegagalan, serta menetapkan perbandingan yang terlalu timpang antara diri sendiri dengan orang lain. Kata-kata sederhana itu merupakan motivasi yang bisa melecut semangat siapa saja yang sedang mencari cara untuk membuat segalanya menjadi mungkin, berusaha mengejar suatu tujuan, harapan atau impian. Kita coba jalankan tips berikut.

Pertama, tumbuhkan kemauan. Kemauan berfungsi sebagai landasan dalam mencapai sesuatu. Bisa dikatakan kemauan itu merupakan lanjutan dari keinginan, tetapi bersifat lebih kuat. Kemauan yang kuat akan mendorong lahirnya niat, tekad dan kesiapan menghadapi risiko dan kemungkinan-kemungkinan.

Kedua, kembangkan kemampuan. Kemampuan berfungsi sebagai alat, media dan sarana yang akan membantu mewujudkan kemauan. Dalam praktiknya, kemampuan ini bisa diterjemahkan sebagai kemampuan menetapkan cara atau strategi pencapaian, keterampilan mengelola dan mengorganisasikan pikiran juga perasaan, keahlian menganalisa kelebihan dan kekurangan atas strategi yang diterapkan, serta kemampuan menghadapi tantangan, risiko dan konsekuensinya.

Ketiga, meneguhkan keyakinan. Keyakinan berfungsi sebagi penguat, pendorong dan penyelaras, terutama dalam membangkitkan semangat. Keyakinan akan kemauan dan kemampuan diri, serta keyakinan akan kekuatan dan kekuasaan Allah SWT akan membulatkan tekad untuk mencapai kemungkinan tadi. Perlu diingat, keyakinan akan Tuhan merupakan energy yang kekal, yang membuat kita percaya, selalu ada jalan bagi orang-orang yang punya kemauan dan keyakinan.

Everything is possible, if we believe, we want and we can. Kemauan, kemampuan dan keyakinan adalah faktor utama yang membuat kita BISA.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *