Cara Menghilangkan Depresi dan Menenangkan Pikiran

Santai, rileks, easy going adalah kondisi yang sebenarnya sangat dibutuhkan semua orang. Namun, tidak sedikit orang yang mengabaikannya dengan alas an kesibukan, dikejar deadline dan time is money. Ya, setiap orang punya persepsi berbeda mengenai kepentingan hidupnya, sekalipun kebutuhan dasarnya tetap sama.Yang jelas, santai itu penting supaya kita tidak depresi menjalani aktivitas.
Hari gini hidup emang bisa santai-santai? Kalau santai-santai terus sih emang nggak baik, tetapi menyisihkan waktu untuk bersantai di sela-sela aktivitas itu sangat penting. Manfaatnya pun banyak. Pertama, bisa istirahat. Santai merupakan cara yang baik untuk menjernihkan pikiran dan menenangkan diri. Kedua, bisa memulihkan kesehatan dan mengisi ulang tenaga yang kita perlukan. Kalau badan dan pikiran dipaksa terus-terusan untuk bekerja sesuai kemauan kita, lama-lama bisa tumbang juga. Mesin saja bisa rusak kalau dipake terus-menerus, apalagi fisik manusia. Ketiga, bisa mengurangi depresi. Depresi umumnya terjadi karena beratnya tekanan baik dari factor internal maupun eksternal. Dengan santai, tubuh akan lebih rileks, pikiran bisa jauh lebih tenang, dan perasaanpun bisa lebih nyaman, sehingga kita bisa merasakan adanya kekuatan tambahan bahkan kekuatan baru untuk melakukan banyak aktivitas.
Ada beberap cara sederhana untuk bersantai. Pertama, beristirahatlah di saat tubuh membutuhkannya. Kalau sudah lelah ya jangan dipaksakan/diporsir. Istirahat dan rilekskan badan. Kedua, biasakan untuk beristirahat selama 15 -30 menit setiap beberapa jam dalam melakukan aktivitas untuk sekedar meregangkan otot-otot dan mengurangi pegal-pegal.Bernapas dalam-dalam secara perlahan, melihat-lihat keadaan sekitar terutama pemandangan yang hijau atau memijat-mijat kaki dan tangan bisa dilakukan di waktu istirahat tersebut. Ketiga, tidur siang. Tidur siang selama 15-30 menit antara pukul 2-3 sore dianggap efektif untuk memulihkan kelelahan fisik karena aktivitas kita. Keempat, sesekali mandi dan berendam di air hangat untuk mengurangi kepenatan. Kelima, luangkan waktu untuk melakukan hobi kita seperti mendengarkan music yang disukai, membaca buku yang disukai, menonton film/acara favorit, melukis, menulis dan banyak lagi. Yang penting, kegiatan yang bisa membuat kita merasa senang dan mengapresiasi diri sendiri secara utuh.
Santailah sejenak untuk melihat seberapa besar kekuatan kita sesungguhnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *