Senandung Pengantar Tidur

Masih ingat lagu Nina Bobo? Lagu pengantar tidur yang popular dan melegenda di Indonesia. Menginspirasi banyak ibu untuk “meninabobokan” si kecil. Senandung khas yang bisa dinyanyikan siapa saja, tanpa harus bersuara merdu. Ya namanya bersenandung semua orang bisa, yang penting bisa mengekspresikan perasannya. Kenapa harus Nina? Siapa tahu nama adiknya Putri, Laila, Maia atau Safira? Mungkin nama itu paling Indonesia dan paling manis di masa itu.
Senandung pengantar tidur si kecil tidak hanya Nina Bobo. Di beberapa daerah ada senandung-senandung khas pengantar tidur yang masih sering dilakukan oleh para Ibu. Bahkan shalawat, puji-pujian pun menjadi senandung yang bisa membuat si kecil tertidur dalam buaian sang Bunda.
Meskipun zaman dan teknologi semakin berkembang, senandung pengantar tidur memiliki manfaat. Pertama, kekuatan senandung pengantar tidur ternyata tetap ampuh untuk membuat si kecil pulas. Kok bisa ya?Jelas bisa. Karena di balik senandung itu ada kekuatan hebat yang dilandasi kasih sayang, perhatian dan ketulusan. Kedua, bisa mendekatkan hubungan orang tua, terutama ibu dengan anak-anaknya. Senandung yang disertai ketulusan hati pasti bisa menyentuh hati. Kedekatan batin antara orang tua, terutama Ibu dengan anak lebih terjalin melalui kontak fisik dan perhatian. Dekapan, pelukan dan belaian memberikan rasa aman, tenang dan damai ketika tidur. Ketiga, musikalitas senandung yang dilandasi ketulusan hati dapat menstimulasi perkembangan mental anak. Rasa tenang dan aman bisa membuat mentalnya bagus. Hal ini juga akan turut mempengaruhi kepribadian anak.
Lagu-lagu atau puji-pujian yang diungkapkan seorang Ibu inilah yang membuat senandung pengantar tidur dirindukan anak-anaknya hingga dewasa. Dan tidak semua orang mengalami masa-masa menyenangkan ini.

Manfaat dan Arti Penting Memiliki Mimpi

Mimpi itu milik siapa saja karena semua orang berhak punya mimpi dan mewujudkan impiannya. Mimpi memang tak selamanya jadi kenyataan, but the dreams will come true if we believe and we try. Mimpi bisa membuat kita bersemangat menjalani kehidupan, ketika kita yakin bisa mewujudkan impian itu dan terus mencoba dan mengubahnya menjadi nyata.
Percaya atau tidak, ratusan bahkan jutaan penemuan ilmiah di dunia ini berawal dari mimpi para penemunya. Mimpi yang tidak sekedar khayalan, tetapi diwujudkan dengan ribuan kegagalan, cemoohan bahkan penghinaan. Mimpi yang membuat mereka tidak lelah mencoba, melakukan uji coba dan penelitian, menjadi orang-orang besar yang memberikan sumbangan besar bagi kehidupan manusia. Mimpi yang terus dibangun di atas keyakinan akan satu keberhasilan, meski harus melewati ribuan kegagalan. Ya, mimpi itu butuh tekad, kesungguhan, keyakinan dan kemauan untuk terus berusaha dan mencoba.

Lalu apa manfaatnya kalau kita punya mimpi?

Pertama, punya target dan tujuan yang hendak dicapai. Orang yang punya mimpi dan yakin bisa mewujudkannya pasti akan terus berusaha dan mencoba, sekalipun banyak hambatannya.
Kedua, dengan memiliki impian, kita belajar mengorganisasikan harapan, perencanaan, penyesuaian dengan kenyataan dan mengaplikasikan berbagai strategi dalam meraih impian tersebut. Berbagai bentuk kegagalan sejatinya merupakan berbagai bentuk strategi yang kita temukan untuk mencapai sebuah keberhasilan. Apa yang direncanakan dan diharapkan memang tak selalu sesuai dengan kenyataan, tetapi paling tidak kalau kita sudah berupaya menerapkan strategi tertentu, kita tidak menyesal karena tidak pernah mencobanya.
Ketiga, dengan memiliki impian, kita lebih bersemangat menjalani kehidupan,siap menghadapi masalah/risiko dan memiliki tekad/keyakinan untuk bisa meraih sesuatu yang diinginkan. So, jangan takut bermimpi karena mimpi bagian dari harapan yang hendak kita wujudkan, tentunya dengan bersikap realistis dan yakin akan kuasa Tuhan.