Senandung Pengantar Tidur

Masih ingat lagu Nina Bobo? Lagu pengantar tidur yang popular dan melegenda di Indonesia. Menginspirasi banyak ibu untuk “meninabobokan” si kecil. Senandung khas yang bisa dinyanyikan siapa saja, tanpa harus bersuara merdu. Ya namanya bersenandung semua orang bisa, yang penting bisa mengekspresikan perasannya. Kenapa harus Nina? Siapa tahu nama adiknya Putri, Laila, Maia atau Safira? Mungkin nama itu paling Indonesia dan paling manis di masa itu.
Senandung pengantar tidur si kecil tidak hanya Nina Bobo. Di beberapa daerah ada senandung-senandung khas pengantar tidur yang masih sering dilakukan oleh para Ibu. Bahkan shalawat, puji-pujian pun menjadi senandung yang bisa membuat si kecil tertidur dalam buaian sang Bunda.
Meskipun zaman dan teknologi semakin berkembang, senandung pengantar tidur memiliki manfaat. Pertama, kekuatan senandung pengantar tidur ternyata tetap ampuh untuk membuat si kecil pulas. Kok bisa ya?Jelas bisa. Karena di balik senandung itu ada kekuatan hebat yang dilandasi kasih sayang, perhatian dan ketulusan. Kedua, bisa mendekatkan hubungan orang tua, terutama ibu dengan anak-anaknya. Senandung yang disertai ketulusan hati pasti bisa menyentuh hati. Kedekatan batin antara orang tua, terutama Ibu dengan anak lebih terjalin melalui kontak fisik dan perhatian. Dekapan, pelukan dan belaian memberikan rasa aman, tenang dan damai ketika tidur. Ketiga, musikalitas senandung yang dilandasi ketulusan hati dapat menstimulasi perkembangan mental anak. Rasa tenang dan aman bisa membuat mentalnya bagus. Hal ini juga akan turut mempengaruhi kepribadian anak.
Lagu-lagu atau puji-pujian yang diungkapkan seorang Ibu inilah yang membuat senandung pengantar tidur dirindukan anak-anaknya hingga dewasa. Dan tidak semua orang mengalami masa-masa menyenangkan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *