Cara Mengatasi Sakit Hati karena Putus Cinta

Putus cinta  atau putus hubungan dengan siapapun tak ada yang tak sakit. Bagi sebagian orang putus cinta bisa mengakibatkan sakit hati, luka, bahkan rasa trauma yang sulit dihilangkan. Berbagai alasan pun dipertanyakan, terutama bagi pihak yang diputuskan.

Bicara putus cinta, urusannya memang perasaan. Rasa sakit, sedih dan merasa diabaikan biasanya terasa menyempurnakan luka. Sakit hati karena putus cinta itu wajar saja, tetapi jangan sampai putus asa. Semakin larut dalam kesedihan, semakin kita terjebak dalam sakit hati yang mendalam, sehingga akan sangat sulit untuk bangkit. Namanya perasaan kalau terus diikuti, lambat laun akan mengubah pola kehidupan juga. Karena itu, sebaiknya kolaborasikan perasaan kita dengan logika dan rasio. Atasi dorongan emosional dan keinginan yang bersifat destruktif.

Continue reading “Cara Mengatasi Sakit Hati karena Putus Cinta”

Cara Mengatasi Frustrasi

Hati-hati dengan frustrasi karena bisa membunuh kreativitas diri. Mengatasi frustrasi hampir sama dengan bentuk-bentuk depresi lainnya, dibutuhkan kesabaran dan kemauan untuk bangkit memperbaiki diri, serta memahami sebab dan akibat frustrasi tersebut.

Frustrasi merupakan kondisi yang sering berhubungan dengan stres atau rasa putus asa. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidaksesuaian antara asa dengan realita. Kegagalan yang terus berulang, situasi kerja  dan kondisi lingkungan yang tidak nyaman, serta keinginan atau ekspektasi yang terlalu ideal bisa menimbulkan frustrasi jika tidak terpenuhi.

Continue reading “Cara Mengatasi Frustrasi”

Cara Meningkatkan Minat Baca

Hari gini buku emang masih laku? Tentu saja masih karena buku itu gudangnya ilmu, jendela dunia yang bisa membuka wawasan dan cakrawala berpikir pembacanya. Kan lebih gampang browsing lewat internet atau nonton berita di tv? Ya sama saja, tetap harus baca juga kan?

Membaca bukan sekedar factor hobi dan budaya, tetapi lebih kepada factor kemauan, kesungguhan, serta memahami manfaat dan tujuan yang hendak dicapai. Membaca juga tidak selalu berkaitan dengan buku karena sumber bacaan sejatinya tidak selalu berbentuk buku. Apalagi di zaman yang serba “instant” ini, sumber dan media bacaan sangat berlimpah.

Lalu kenapa minat baca selalu dikategorikan terus menurun? Continue reading “Cara Meningkatkan Minat Baca”

Cara Membuat Sesuatu Menjadi Mungkin

Everything is Possible if we want, begitu ungkapan orang-orang yang optimis sebagai kunci pembuka peluang.

Semuanya menjadi mungkin bila seseorang punya kemauan, kemampuan dan keyakinan. Ketidakmungkinan biasanya merupakan refleksi keraguan atas kemauan dan kemampuan diri, ketakutan akan kegagalan, serta menetapkan perbandingan yang terlalu timpang antara diri sendiri dengan orang lain. Kata-kata sederhana itu merupakan motivasi yang bisa melecut semangat siapa saja yang sedang mencari cara untuk membuat segalanya menjadi mungkin, berusaha mengejar suatu tujuan, harapan atau impian. Kita coba jalankan tips berikut.

Continue reading “Cara Membuat Sesuatu Menjadi Mungkin”

Cara Membuat Masalah Menjadi Lebih Sederhana

Make it simple, begitu kata orang-orang bijak. Sesuatu yang sederhana umumnya lebih bisa dipahami banyak orang, sehingga substansinya lebih cepat sampai dan diterima. Kesederhanaan merupakan energi sekaligus kekuatan dalam menyelesaikan sesuatu yang dianggap rumit. Mungkin itu juga sebabnya dalam Matematika ada penyederhanaan. Yang jelas, menyederhanakan persoalan bukan berarti menyepelekan atau menganggap sebuah persoalan tidak penting untuk diatasi.

Untuk membuat masalah yang dihadapi menjadi lebih sederhana, mungkin beberapa tips berikut bisa dicoba.
Continue reading “Cara Membuat Masalah Menjadi Lebih Sederhana”